Elemen | Capaian Pembelajaran | Kelas Smt (Urutan) | Kelas Smt (Urutan) | Kelas Smt (Urutan) |
Berpikir Komputasional | Pada akhir fase D: (1). peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari | 7.1 (2) | ||
(2). memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil. | 8.1 (1) | |||
(3). mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; | 7.1 (3) | |||
(4). mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode. | 7.2 (4) | |||
Literasi Digital | Pada akhir fase D: (1). peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet | 9.2 (6) | ||
(2). mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital, membedakan fakta dan opini. | 8.2 (3) | |||
(3). memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan presentasi, serta analisis dan interpretasi data. | 8.2 (2) | |||
(4). mampu mendeskripsikan komponen, fungsi dan cara kerja komputer | 7.1 (1) | |||
(5). memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, mengetahui jenis ruang publik virtual | 9.1 (1) | |||
(6). memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten; | 9.2 (7) | |||
(7). mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital | 9.1 (4) | |||
(8). memahami dampak perundungan digital | 7,2 (5) | |||
(9). membuat kata sandi yang aman | 9.1 (5) | |||
(10). memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware | 7.2 (6) | |||
(11). memilah informasi yang bersifat privat dan publik | 7.2 (7) | |||
(12). melindungi data pribadi dan identitas digital | 9.1 (2) | |||
(13) memahami kesadaran penuh (mindfulness) di dunia digital. | 9.1 (3) | |||
Analisis Data | - | |||
Algoritma dan Pemrograman | - | |||