11.05.2025

Materi 4, Retno Kusumawati S.Kom.: Pengimbasan KKA modul 4 & 5

Pengimbasan Pelatihan KKA
By . Retno Kusumawati, S.Kom


KOMUNIKASI MELALUI TOOLS KA / AIPENGENALAN DAN PEMANFAATAN AI SEDERHANA DALAM INTERAKSI DIGITAL
Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana

Definisi:
AI adalah bidang ilmu komputer yang bertujuan menciptakan sistem yang mampu meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas seperti belajar, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Fokus: Dalam konteks ini, kita akan fokus pada AI untuk Komunikasi.

Jenis Perangkat & Peran AI
1. Jenis Perangkat AI untuk Komunikasi
    Chatbot, Asisten Virtual, Penerjemah Otomatis, Filter Spam/Konten,

2. Peran AI dalam Komunikasi:
    Efisiensi, Aksesibilitas, Personalisasi
    
Contoh Aktivitas AI
3. Aktivitas Unplugged
    Membuat table pada kertas manila

4. Aktivitas Plugged
    Menggunakan Google Translate, Membuat table spresheet, Berinteraksi dengan Asisten Virtual,
    Menggunakan Chatbot Sederhana.

Perangkat AI Berbasis Input
1. Kecerdasan Artifisial Berbasis Input
    a. Cara Kerja Sistem AI Berbasis Input
        Input
        Pemrosesan
        Output

2. Contoh Aktivitas Unplugged Chatbot Sederhana

  • Peta Keputusan: Membuat diagram alir (flowchart) manual di kertas tentang bagaimana chatbot harus merespons pertanyaan (contoh: "Jika pertanyaan = 'Harga', Jawab = 'Harga mulai Rp 100.000'"). Ini menunjukkan logika dasar pemrosesan input.

3. Contoh Aktivitas Plugged Chatbot Sederhana

  • Membuat Chatbot

Klasifikasi dan Pemanfaatan
Mengenal Klasifikasi dalam AI
Klasifikasi: Proses mengelompokkan data ke dalam kategori yang telah ditentukan (misalnya: baik/buruk, spam/bukan spam, kucing/anjing).
Contoh: Kita menunjukkan ribuan gambar email yang sudah dilabeli sebagai SPAM dan BUKAN SPAM.

Pemanfaatan Penggunaan AI

  • Pelayanan Pelanggan
  • Keamanan
  • Pendidikan
  • Hiburan

MODUL PEDAGOGIK
KODING & KECERDASAN ARTIFISIAL (KA)
Prinsip-prinsip Inti Pembelajaran Inovatif :

  • Prinsip Pedagogik, HOTs, TPACK, PM, dan Desain Pembelajaran

PENDAHULUAN & PRINSIP PEDAGOGIK PENERAPAN KUNCI
Landasan mengajar yang memadukan pengetahuan tentang peserta didik, materi (Koding/KA), dan metode pembelajaran yang mendidik.

1. Memahami Karakteristik Peserta Didik
2. Menerapkan Teori Belajar
3. Menguasai Konten dan Kurikulum
4. Keterampilan Mengajar Adaptif

HOTS
(Higher Order Thinking Skills)


Apa itu HOTs? Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang melampaui hafalan dan pemahaman dasar, berfokus pada:
 

Tujuan: Melatih siswa menjadi pemecah masalah kompleks dan inovator dalam dunia

TPACK
(Technologi Pedagogi Content Knowledge)

A. Definisi : mengintegrasikan tiga pilar utama:
    1. CK (Content Knowledge)
    2. PK (Pedagogical Knowledge)
    3. TK (Technological Knowledge)

B. Integrasi: TPACK adalah titik temu optimal dari ketiga pilar ini.
Guru dengan TPACK mampu merancang pembelajaran Koding/KA yang efektif, relevan, dan interaktif menggunakan teknologi.

PEMBELAJARAN MENDALAM (Deep Learning)
· Memahami Konsep Secara Menyeluruh
· Menghubungkan Pengetahuan
· Mengembangkan 6 Keterampilan Global (6C)
  • Character (Karakter)
  • Citizenship (Kewarganegaraan)
  • Collaboration (Kolaborasi)
  • Communication (Komunikasi)
  • Creativity (Kreativitas)
  • Critical Thinking (Berpikir Kritis)
DESAIN PEMBELAJARAN KODING & KA
Tujuan: merencanakan pengalaman belajar yang optimal.
Tahapan Inti :
1. Analisis :
    tujuan : Menentukan platform koding dan tingkat kesulitan materi.

2. Desain : Perumusan tujuan pembelajaran spesifik, pemilihan model, strategi, dan media. Merancang alur proyekdan kriteria asesmen

3. Pengembangan : Membuat atau menyiapkan sumber belajar, script koding, dan bahan ajar. | Menyusun modul praktikum, dataset sederhana untuk KA.

4. Implementasi : Pelaksanaan pembelajaran di kelas (menggunakan strategi TPACK

5. Evaluasi : Penilaian proses dan hasil belajar , Asesmen kinerja proyek, refleksi diri, dan umpan balik kode. |

KESIMPULAN
  • Sinergi untuk Pembelajaran Koding & KA yang Efektif
  • Prinsip Pedagogik: Memastikan pembelajaran berpusat pada siswa dan kebutuhannya.
  • HOTs: Mendorong siswa tidak hanya menulis kode, tetapi juga berpikir kritis saat memecahkan masalah.
  • TPACK: Memberdayakan guru untuk mengintegrasikan teknologi secara bermakna.
  • Pembelajaran Mendalam: Menciptakan pemahaman utuh dan pengembangan keterampilan abad ke-21 (6C).
  • Desain Pembelajaran: Menyediakan kerangka terstruktur agar semua prinsip di atas dapat terlaksana dengan baik.


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews