Pengimbasan Pelatihan KKA
By . Retno Kusumawati, S.Kom
Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana
AI adalah bidang ilmu komputer yang bertujuan menciptakan sistem yang mampu meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas seperti belajar, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
Fokus: Dalam konteks ini, kita akan fokus pada AI untuk Komunikasi.
1. Jenis Perangkat AI untuk Komunikasi
Chatbot, Asisten Virtual, Penerjemah Otomatis, Filter Spam/Konten,
2. Peran AI dalam Komunikasi:
3. Aktivitas Unplugged
Membuat table pada kertas manila
Menggunakan Google Translate, Membuat table spresheet, Berinteraksi dengan Asisten Virtual,
Perangkat AI Berbasis Input
1. Kecerdasan Artifisial Berbasis Input
a. Cara Kerja Sistem AI Berbasis Input
Input
Output
2. Contoh Aktivitas Unplugged Chatbot Sederhana
- Peta Keputusan: Membuat diagram alir (flowchart) manual di kertas tentang bagaimana chatbot harus merespons pertanyaan (contoh: "Jika pertanyaan = 'Harga', Jawab = 'Harga mulai Rp 100.000'"). Ini menunjukkan logika dasar pemrosesan input.
3. Contoh Aktivitas Plugged Chatbot Sederhana
- Membuat Chatbot
Klasifikasi dan Pemanfaatan
Mengenal Klasifikasi dalam AI
Klasifikasi: Proses mengelompokkan data ke dalam kategori yang telah ditentukan (misalnya: baik/buruk, spam/bukan spam, kucing/anjing).
Contoh: Kita menunjukkan ribuan gambar email yang sudah dilabeli sebagai SPAM dan BUKAN SPAM.
Pemanfaatan Penggunaan AI
- Pelayanan Pelanggan
- Keamanan
- Pendidikan
- Hiburan
MODUL PEDAGOGIK
KODING & KECERDASAN ARTIFISIAL (KA)
Prinsip-prinsip Inti Pembelajaran Inovatif :
- Prinsip Pedagogik, HOTs, TPACK, PM, dan Desain Pembelajaran
PENDAHULUAN & PRINSIP PEDAGOGIK PENERAPAN KUNCI
Landasan mengajar yang memadukan pengetahuan tentang peserta didik, materi (Koding/KA), dan metode pembelajaran yang mendidik.
1. Memahami Karakteristik Peserta Didik
2. Menerapkan Teori Belajar
3. Menguasai Konten dan Kurikulum
4. Keterampilan Mengajar Adaptif
HOTS
(Higher Order Thinking Skills)
Apa itu HOTs? Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang melampaui hafalan dan pemahaman dasar, berfokus pada:

Tujuan: Melatih siswa menjadi pemecah masalah kompleks dan inovator dalam dunia
(Technologi Pedagogi Content Knowledge)
A. Definisi : mengintegrasikan tiga pilar utama:
1. CK (Content Knowledge)
2. PK (Pedagogical Knowledge)
3. TK (Technological Knowledge)
B. Integrasi: TPACK adalah titik temu optimal dari ketiga pilar ini.
Guru dengan TPACK mampu merancang pembelajaran Koding/KA yang efektif, relevan, dan interaktif menggunakan teknologi.
PEMBELAJARAN MENDALAM (Deep Learning)
· Memahami Konsep Secara Menyeluruh
· Menghubungkan Pengetahuan
· Mengembangkan 6 Keterampilan Global (6C)
- Character (Karakter)
- Citizenship (Kewarganegaraan)
- Collaboration (Kolaborasi)
- Communication (Komunikasi)
- Creativity (Kreativitas)
- Critical Thinking (Berpikir Kritis)
Tujuan: merencanakan pengalaman belajar yang optimal.
Tahapan Inti :
1. Analisis :
tujuan : Menentukan platform koding dan tingkat kesulitan materi.
2. Desain : Perumusan tujuan pembelajaran spesifik, pemilihan model, strategi, dan media. Merancang alur proyekdan kriteria asesmen
3. Pengembangan : Membuat atau menyiapkan sumber belajar, script koding, dan bahan ajar. | Menyusun modul praktikum, dataset sederhana untuk KA.
4. Implementasi : Pelaksanaan pembelajaran di kelas (menggunakan strategi TPACK
5. Evaluasi : Penilaian proses dan hasil belajar , Asesmen kinerja proyek, refleksi diri, dan umpan balik kode. |
- Sinergi untuk Pembelajaran Koding & KA yang Efektif
- Prinsip Pedagogik: Memastikan pembelajaran berpusat pada siswa dan kebutuhannya.
- HOTs: Mendorong siswa tidak hanya menulis kode, tetapi juga berpikir kritis saat memecahkan masalah.
- TPACK: Memberdayakan guru untuk mengintegrasikan teknologi secara bermakna.
- Pembelajaran Mendalam: Menciptakan pemahaman utuh dan pengembangan keterampilan abad ke-21 (6C).
- Desain Pembelajaran: Menyediakan kerangka terstruktur agar semua prinsip di atas dapat terlaksana dengan baik.


09.31
tiksmpjbg





