SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG DENGAN MGMP INFORMATIKA

10.24.2017

PEMBELAJARAN BERBASIS WEB

Materi MGMP TIK SMP Jombang, oleh: Nasruddin

       Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web atau yang dikenal juga dengan "web based learning" merupakan salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning).

       Definisi tersebut menyatakan bahwa e-learning merupakan proses dan kegiatan penerapan pembelajaran berbasis web (web-based learning), pembelajaran berbasis komputer (computer based learning), kelas virtual (virtual classrooms), dan atau kelas digital (digital classrooms). Materi-materi dalam kegiatan pembelajaran elektronik tersebut kebanyakan dihantarkan melalui media internet, intranet, tape video atau audio, penyiaran melalui satelit, televisi interaktif serta CD-Rom. Definisi ini juga menyatakan bahwa definisi dari e-learning itu bisa bervariasi tergantug dari penyelanggara kegiatan e-learning tersebut dan bagaimana cara penggunaannya, termasuk juga apa tujuan penggunaannya.

       Definisi ini juga menyiratkan simpulan yang menyatakan bahwa e-leraning pada dasarnya adalah pengaplikasian kegiatan komunikasi pendidikan dan pelatihan secara elektronik.

       E-learning adalah segala aktivitas belajar yang menggunakan bantuan teknologi elektronik. E-learning juga dapat diaplikasikan dalam pendidikan konvensional dan pendidikan jarak jauh. Web-based learning, merupakan salah satu bentuk e-learning yang materi maupun cara penyampaiannya (delivery method) melalui internet (web).
      
       Berdasarkan definisi-definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis web adalah sebuah pengalaman belajar dengan memanfaatkan jaringan internet untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi pembelajarnya.

       Web dapat menciptakan sebuah lingkungan belajar maya (Virtual Learning Environment). Lingkungan belajar yang disediakan oleh web dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat kita kombinasikan penggunaannya untuk mendukung proses pembelajaran, antara lain forum diskusi, chat  penilaian online,  dan sistem administrasi. Lingkungan belajar maya yang disediakan oleh web berfungsi sebagaimana lingkungan belajar konvensional yang dapat menyampaikan informasi kepada pembelajar. (Sumber :  http://jsetyotri.blogspot.co.id/2013/03/pembelajaran-berbasis-web.html)

Macam-macam pembelajaran berbasis web banyak sekali diantaranya : Edmodo, Kelas Maya, Quiper, Skaci dan lain-lain.

a.    EDMODO
              Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran berbasis jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. (Sumber : http://ilmukomputer-pemula.blogspot.co.id/2014/01/pengertian-dan-fungsi-edmodo.html)
              Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan. Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook. Dengan Edmodo, guru/ dosen dapat mengirim nilai, tugas, maupun kuis untuk siswa/ mahasiswa dengan mudah.

       Fitur-Fitur yang Terdapat pada Edmodo
       Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran. Berikut fitur-fitur yang terdapat pada Edmodo :
       1.     Polling
              Polling merupakan salah satu fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu. Dibawah ini merupakan contoh tampilan polling pada Edmodo :
       2.     Gradebook
              Fitur gradebook mirip seperti catatan nilai siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga dapat diexport menjadi file .csv.
              Pada fitur Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.
       3.     Quiz
              Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru.
              Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian.
       4.     File and Links
              Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.
       5.     Library
              Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain-lain. Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.
       6.     Assignment
              Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online.
              Kelebihan dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
       7.     Award Badge
              Untuk memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini. Berikut tampilan fitur ‘Award Badge’ pada Edmodo :
       8.     Parent Code
              Dengan fitur ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. Untuk mendapatkan kode tersebut, orang tua murid dapat mendapatkannya dengan mengklik nama kelas/ grup anaknya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.

              Dilihat dari manfaat dan juga fitur-fiturnya, edmodo merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online. Selain itu, Edmodo juga mempermudah kegiatan balajar mengajar antara guru dan murid.

              Nilai plus lain dari Edmodo adalah orang tua murid dapat memantau perkembangan kegiatan belajar putra-putri mereka.

b.    SKACI
              SKACI Smart Education adalah layanan kegiatan pembelajaran secara daring yang LEBIH MEMUDAHKAN semua pemangku kepentingan pendidikan dalam melaksanakan kegiatannya, khususnya guru, murid, dan sekolah.

              SKACI Smart Education dikembangkan oleh Tim CSC-ITB bersama SKACI Foundation atas masukan dan arahan ratusan guru terbaik di Jawa Barat, dengan menggabungkan fitur-fitur unggulan dari berbagai sistem daring yang ada saat ini, sistem ISS-SKACI ini menyediakan alur kerja yang sederhana, dengan tetap fokus agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.

       Fitur-fitur yang ada di SKACI
       



       1.     Halaman  Utama (Beranda)
              Halaman utama merupakan halaman pertama yang dilihat pada saat situs dikunjungi, di mana pada halaman utama ini terdapat informasi-informasi yang dapat dilihat oleh siapa saja  yang mengunjungi/membuka  halaman  tersebut.
       2.     Daftar Mata Pelajaran dan Kelas
              Halaman ini membuat fitur : Deskripsi mata pelajaran dan kelas, Dokumen, Jalur Belajar, Dompet Soal, Pengumuman, Forum, Peserta Didik, Chat, Penugasan, Penilian, Kehadiran, Progres Mata Pelajaran dan Kelas.
       3.     Progres
              Pada laman ini memuat hasil (progres) dari siswa yang berkaitan dengan hasil pekerjaan siswa yang telah menyelesaikan soal ulangan/ujian.
       4.     Sosial Media
              Halaman ini memuat sosial media seperti halnya pada sosial media yang sudah populer.
       5.     Berita Pendidikan
              Halaman ini memuat berita pendidikan yang dikeluar oleh tim dari SKACI.
       6.     Tutorial
              Di bagian ini terdapat link tentang Tutorian tentang SKACI dan penggunaannya.
      
       Selanjutnya penjelasan fitur yang terdapat pada laman Daftar Mata Pelajaran dan Kelas
       Pembelajaran:
       1.     Deskripsi Mata Pelajaran dan Kelas
              Fitur ini digunakan untuk menjelaskan tentang isi singkat mata pelajaran dan kelas yang dibuat.
       2.     Dokumen
              Folder untuk menyimpan materi pelajaran dalam berbagai bentuk file (termasuk juga untuk menggambar online, menggunggah dokumen, Screenshot, membuat folder baru, melihat secara slide show dan tampilan quota dokumen).
       3.     Jalur Belajar
              Untuk membuat Tambahan kategori jalur belajar (Nama mata pelajaran dan kelas, pengaturan tambahan yang terdiri jenis kategori Mapel, waktu dan akhir dapat diakses).
       4.     Link
              Untuk menambahkan alamat URL atau link sesuai dengan kompetensi/indikator penilaian (juga untuk mentukan nama kompetensi dan deskripsi).
       5.     Dompet Soal
              Untuk membuat soal baru, menambahkan soal, Kompetensi Dasar (Indikator penilaian), bank soal dan untuk menghapus semua hasil tes.
              Dalam hal penggunaan Dompet soal ini dianjurkan:
              * Untuk kelancaran dalam ujian maka jumlah pertanyaan akan dibatas maksimal 200 pertanyaan dalam 1 dompet soal.
                   * Rekomendasi untuk UDJ (ujian dalam jaringan) sebaiknya menggunakan 1 dompet soal yang diisi 1 soal mapel.
       6.     Pengumuman
              Digunakan untuk memberikan informasi yang diperlukan.
       7.     Penilaian
              Untuk membuat penilaian (add assessment), Add classroom activity, Add online activity, export ke PDF dll, daftar siswa.
       8.     Kehadiran
              Menampilkan kehadiran peserta. (sistem dan penjelasan dari Skaci masih dalam proses)
       9.     Progres
              Rincian topik, rencana masing-masing dan progres. Untuk menunjukkan bahwa topik sudah selesai, pilih tanggal sesuai urutan kronologisnya dan sistem akan menampilkan tanggal sebelumnya yang sudah selesai. (sistem dan penjelasan dari Skaci masih dalam proses).
      
       Interaksi:
       1.     Agenda
              Untuk membuat agenda kerja (meliputi: Kalender, Daftar Agenda, Tambah item baru agenda, impor dari outlook)
       2.     Forum
              Berisi forum komunikasi dalam pengguna skaci
       3.     Dropbox
              Berisi file-file dikirim dan file-file diterima
       4.     Peserta didik
              Berisi nama siswa dengan email yang terdaftar
       5.     Group, Chat
              Merupakan fasilitas media sosial seperti halnya media sosial pada umumnya.
       6.     Penugasan
              Wadah memberi tugas untuk penilaian

       7.     Penelitian
              Konten untuk penelitian dari hasil penilaian
       8.     Wiki
              Membuat situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut.
       9.     Notebook
              Membuat catatan di buku catatan pribadi
      
       Administrasi
       1.     Projek
       2.     Pelaporan
       3.     Pengaturan
              Tempat untuk mengatur hal yang berkaitan dengan Mata pelajaran dan kelas
       4.     Backup/Cadangkan
              Backup Mata pelajaran
              Buat cadangan. untuk mengintegrasikan file cadangan dengan memilih objek pembelajaran.

Impor cadangan. untuk mengunggah file cadangan dari drive lokal atau anda bisa menggunakan file cadangan yang tersedia di server.

              Salin Mata Pelajaran dan Kelas
              Untuk membuat copy atau salinan Mata Pelajaran Dan Kelas dengan ketentuan ada 2 Mata Pelajaran dan Kelas, yaitu Mata Pelajaran dan Kelas orisinal dan Mata Pelajaran dan Kelas target.

              Daur ulang Mata Pelajaran dan Kelas
              Alat ini mengosongkan Mata Pelajaran dan Kelas. Mencabut dokumen, forum, dan tautan. Dan mengizinkan anda untuk memilih mencabut sebagian atau seluruhnya.

              Klik pada tautan ini untuk pencabutan Mata Pelajaran dan Kelas sepenuhnya dari server.
‘Hati-hati, tidak ada jalan kembali!’


c.    KELAS MAYA
       Kelas maya ini adalah E-learning miliknya Kemdikbud seperti halnya LMS (Learning Management System), namun untuk dapat akses ke Kelas Maya ini agak susah. Sekedar diketahui di Kelas Maya ini memiliki fitur dengan istilah-istilah yang familier dengan seperti Kompetensi Dasar, Materi, Ulangan, Kehadiran, laporan dll. yang semuanya itu sama dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang biasa kita buat.



                                                                                    MGMP TIK SMP Jombang, Oktober 2017





Download Materi Klik Disini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews