SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG DENGAN MGMP INFORMATIKA

11.22.2012

Artikel kiriman: Membuat Hotspot di Sekolah

Nama Pengirim: Rudy S
Alamat Email : rudy_rre@yahoo.com
Judul Artikel: Membuat Hotspot di Sekolah
Isi Artikel: Membuat Hotspot Sekolah

Internet merupakan teknologi komunikasi dalam bidang informasi yang berkembang sangat cepat dewasa ini, hampir semua bidang kehidupan seakan tidak "modern" bila tidak menggunakan fasilitas internet.
Sekolah merupakan salah satu komunitas sosial yang menjadi agen "modernisasi" dalam bidang Teknologi Informasi & Komunikasi bagi masyarakat melalui jalur formal pendidikan. Selayaknya sekolah mempunyai akses internet untuk mengimplementasikan kurikulum pendidikan yang harus disampaikan kepada peserta didiknya.
Ketidak mampuan penanggung jawab sekolah dalam bidang IT dan Management Sekolah sering merupakan kendala besar dalam kemajuan siswa untuk mendapatkan pengajaran setingkat dengan ilmu pengetahuan yang berlaku saat ini (jauh dari asas progresifitas pendidikan)
Bila sekolah sudah mempunyai fasilitas sambungan internet alangkah baiknya bila dikembangkan dengan membangun fasilitas "hotspot" untuk mempermudah siswa, guru dan semua komponen sekolah menggunakan internet untuk menunjang pendidikan.
Membuat "hotspot" bukan merupakan hal yang sulit untuk dilaksanakan hanya diperlukan sebuah komitmen dan niatan yang tulus untuk sebuah kebaikan. Hal ini dikarenakan dalam membangun sebuah "hotspot" memerlukan beberapa perangkat "wireless" untuk menyebarkan sambungan internet melalui gelombang radio sehingga dapat diterima disembarang tempat menggunakan laptop atau perangkat wireless lainya.

Alat dan Bahan untuk membuat Hotspot di Sekolah
1. Antenna Wifi
2. Radio Access Point
3. Outdoor Box
4. POE
5. Kabel UTP
6. Konektor RJ-45
7. Pigtail
Antenna
Antenna menggunakan Omni Directional antenna yang bekarja pada frekwensi 2,4 GHz. dan mempunyai penguatan yang cukup besar (> 9dB.)

Radio Access Point
Access Point menggunakan radio wifi yang memang mempunyai fungsi sebagai radio access point sehingga mampu menangani banyak client dan mempunyai daya pancar yang cukup besar ( misalnya TP Link TL-WA601G).

Outdoor Box
Merupakan kotak (boks) untuk menempatkan radio access point di luar gedung agar posisinya dekat dengan antenna.

POE ( Power Over Ethernet )
Berfungsi untuk menyalurkan daya listrik yang diperlukan radio access piont di luar gedung dari catu daya listrik radio access point yang berada di dalam gedung.

Kabel UTP
Untuk menghubungkan antara komputer dengan radio access point yang berada di luar gedung.

Konektor RJ-45
Untuk penghubungkan kabel UTP dengan terminal RJ-45 baik yang berada pada kartu jaringan (LAN Card) maupun pada radio access point.

Pigtail
Merupakan Konektor antenna yang dilengkapi kabel coaxial untuk menghubungkan antara antena dengan radio access point.

Selanjutnya kita lakukan setting radio access point sesuai dengan yang kita kehendaki dan menyesuaikan dengan pengalamatan sistem jaringan yang sudah ada sebelumnya untuk berbagi koneksi internetnya.
--
Visitor Ip: 123.255.205.10

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews