SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG DENGAN MGMP INFORMATIKA

12.31.2023

CP Perubahan - Tahun 2023

4. Fase D (Umumnya untuk kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs/Program Paket B)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan proses berpikir efektif dan efisien untuk menyelesaikan persoalan berlatar belakang Informatika yang didasari data terstruktur, menentukan langkah -langkah untuk mengolah instruksi interaktif dan data yang dapat dijalankan oleh manusia atau mesin otomasi, dan memanfaatkan dengan optimal sekumpulan fasilitas yang tersedia serta memanfaatkan data internet, bersosialisasi, dan berkolaborasi dengan baik, serta berkreasi dengan etis di dunia digital.

Fase D Berdasarkan Elemen
ElemenCapaian Pembelajaran
Berpikir KomputasionalPada akhir fase D, peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.
Literasi DigitalPada akhir fase D, peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet, mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital, membedakan fakta dan opini, memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data, mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer, memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, mengetahui jenis ruang publik virtual, memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten; mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital, memahami kesadaran penuh (mindfulness) di dunia digital.
Analisis Data-
Algoritma dan
Pemrograman
-

Atau seperti ini:
ElemenCapaian Pembelajaran
Berpikir KomputasionalPada akhir fase D:
(1). peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari
(2). memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil.
(3). mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang;
(4). mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.
Literasi DigitalPada akhir fase D:
(1). peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet
(2). mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital, membedakan fakta dan opini.
(3). memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan presentasi, serta analisis dan interpretasi data.
(4). mampu mendeskripsikan komponen, fungsi dan cara kerja komputer
(5). memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, mengetahui jenis ruang publik virtual
(6). memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten;
(7). mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital
(8). memahami dampak perundungan digital
(9). membuat kata sandi yang aman
(10). memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware
(11). memilah informasi yang bersifat privat dan publik
(12). melindungi data pribadi dan identitas digital
(13) memahami kesadaran penuh (mindfulness) di dunia digital.
Analisis Data-
Algoritma dan Pemrograman-


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews